BlenderTips

Compositing

Post Page Advertisement [Top]

Tutorial membuat rumput realistis di Blender 3D

Tutorial kali ini saya akan membahas tutorial cara membuat rumput di Blender 3D dengan objek artinya tidak dengan menggunakan partikel hair yang biasa, tapi mengapa?.Karena menurut saya untuk membuat sebuah rumput yang realistis paling mudah adalah menggunakan objek, tidak dengan menggunakan partikel hair. Tetapi mungkin dengan cara ini sedikit lebih berat daripada dengan partikel hair.

Apakah Anda kesulitan untuk membuat rumput di Blender 3D?. Untuk menyelesaikan hal tersebut tutorial kali ini saya akan membuat sebuah tutorial tentang bagaimana cara membuat rumput yang realistis untuk pemula.

Mungkin Anda juga pernah mencobanya tetapi mungkin ada masalah seperti arah rumput yang salah dan tidak beraturan. Dalam tutorial ini saya akan berbagi tips untuk memecahkan masalah tersebut.

Baiklah untuk memandu Anda dalam tutorial ini mungkin Anda perlu mengetahui beberapa operasi dasar Blender 3D untuk mempermudah Anda dalam mengikuti tutorial ini.

Berikut adalah langkah-langkah untuk membuat rumput yang realistis di Blender 3D.


Langkah pertama menggunakan Plane

Dalam tutorial ini saya menggunakan objek Plane sebagai dasar atau alas pertumbuhan untuk rumput-rumputnya, jadi untuk menambahkan plane tekan tombol kombinasi SHIFT + A kemudian pilih plane. Dengan demikian Anda mempunyai plane sebagai alas untuk tumbuhnya rumput.

Untuk mempermudah Anda ganti nama objek plane tersebut dengan nama “Tanah

Dengan menambahkan tekstur tanah untuk objek plane tersebut dapat membuatnya lebih menarik lagi daripada polosan.


Buatlah variasi rumput

Setelah Anda menambahkan plane sebagai alas pertumbuhan rumputnya, selanjutnya adalah membuat variasi rumput yang akan tumbuh di objek plane tersebut. Rumput yang realistis adalah rumput yang mempunyai variasi yang banyak, artinya berbeda-beda satu dengan yang lainnya.

Untuk membuat variasi rumput Anda dapat menggunakan objek plane yang baru kemudian jadikan rumput, untuk itu lihatlah gambar di bawah ini jika Anda merasa bingung.

Rumput yang terbuat dari plane

Itu baru satu variasi rumput jadi buatlah minimal 3 variasi rumput yang berbeda untuk membuat rumput yang realistis.

Perlu diketahui untuk satu variasi rumput harus berbeda objek artinya tidak dalam satu objek, bagi Anda yang terlanjur dapat memisahkannya dengan menyeleksi satu variasi rumput kemudian menggunakan tombol Separate P kemudian pilih Selection untuk membuatnya saling terpisah dalam objek yang berbeda.

Beri nama variasi rumput tersebut, sebagai contoh variasi rumput pertama diberi nama “Rumput 1” dan begitu juga rumput kedua sampai variasi terakhir Anda. Lihat gambar di bawah ini.

Beberapa variasi rumput yang akan digunakan

Maka kini Anda telah mempunyai beberapa variasi rumput yang berbeda. Kemudian setelah itu kita akan menanamkan variasi rumput tersebut ke objek Tanah atau plane yang menjadi alas tumbuhnya rumput tersebut.


Langkah selanjutnya mengatur partikel

Selanjutnya adalah mengatur partikel. Pada langkah ini mungkin sama seperti dengan menggunakan partikel hair seperti biasanya tetapi kita akan menggantinya dengan menggunakan objek.

Arah rumput tidak karuan dapat diatasi

Sebagian besar orang mungkin ada yang merasa kesulitan dalam hal rotasi rumput seperti arah rumput yang tidak karuan, maka dari itu saya akan berbagi tips untuk memecahkan masalah tersebut jadi perhatikanlah dengan seksama dan baik-baik.

Sama seperti biasa untuk membuat rumput Anda perlu menggunakan partikel hair. Partikel hair dapat diatur seperti dibawah ini. Buatlah partikel baru dengan jumlah yang sama dengan variasi rumput. Jika ada 3 variasi rumput buatlah 3 partikel hair.

Sama seperti membuat partikel hair umumnya yaitu dengan cara
1. Buka tab bagian Particles, kemudian klik New
2. Selanjutnya ganti Type Emitter menjadi Hair
3. Untuk mempermudah Anda, namailah partikel tersebut
4. Kemudian klik Advanced yang berguna untuk mengatur partikel tahap lanjut
5. Aturlah Emission seperti gambar di bawah ini
6. Centang tanda Rotation dan pilih Initial Orientation menjadi Normal
7. Untuk menggantikan hair menjadi objek rumput dapat pilih Object di bagian Render



Gunakan emission yang banyak dapat lebih baik. Atur rotation menjadi Normal, dan ganti path menjadi Object setelah itu pilih rumput untuk penggantinya.

Rumput tidak berarah keatas dan tertidur dapat diatasi dengan cara di bawah ini

Hal yang akan terjadi adalah arah rumput yang kurang responsif. Arah rumput akan menjadi berantakan tetapi saya punya cara untuk mengatasinya.
1. Masuk ke Edit mode pada rumput yang dituju.
2. Rotasi rumput tersebut dengan kombinasi tombol R+X+-90
3. Tarik rumput dari sumbu x jika rumput terbenam di tanah.
4. Rumput berhasil mengarah dengan responsif
5. Pastikan juga rotasi di pengaturan partikel hairnya adalah Normal

Untuk membuatnya lebih realistis buatlah wilayah-wilayah tumbuh rumbut, yaitu daerah yang hanya ditumbuhi rumput seperti dipinggir ditengah atau lainnya, Anda dapat menentukannya dengan menggunakan Vertex Group.


Vertex Group wilayah tumbuhnya rumput

Kegunaan dari vertex group adalah untuk menyeleksi bagian-bagian yang ada di muka objek atau Face untuk Anda atur secara tersendiri. Untuk itu Anda harus menggunakan Subdivide supaya memperbanyak Face di objek tanah.

Cara melakukan dan gambar Subdivide

Subdivide dilakukan pada Edit mode dengan menekan tombol W kemudian pilih Subdivide. Subdivide kali ini hanya untuk memperbanyak area untuk dapat diseleksi.

Weight paint membantu Anda untuk menyeleksi Vertex paint

Penyeleksian dapat dipermudah dengan menggunakan Circle Selection C yang kemudian jangan lupa juga untuk menekan Assign, dan selain itu dapat menggunakan Weight Paint seperti gambar di atas, jika warnanya merah berarti area atau wilayah tumbuhnya rumput. Gunakan nama yang berbeda juga untuk setiap seleksiannya.

Buatlah minimal 3 vertex group untuk membuat penyebaran rumputnya berbeda-beda
Anda dapat menerapkan area vertex group tersebut untuk partikel hairnya seperti gambar di bawah ini.

Pengaturan untuk menerapkan Vertex Group di Particle System

Jika Anda sudah mengikuti langkah-langkah di atas dapat dimisalkan bahwa rumputnya telah selesai, kemudian rumput tersebut dapat dikasih sebuah material atau warna yang dapat mempercantik rumputnya.

Rumput yang belum diwarnai atau belum diberi material Blender 3D

Rumput yang telah dibuat tersebut masih tanpa warna. Pemberian warna dapat menggunakan material dengan penggabungan beberapa nodes.


Pemberian warna dan Material Rumput

Rumput yang realistis kunci yang terpenting adalah pemberian warna dan material yang cocok seperti nyata atau seperti aslinya di dunia. Saran saya adalah pewarnaan rumputnya dengan menggunakan Blender Cycles.

Tetapi untuk membuat itu diperlukan teknik yang cukup memadai untuk merangkai node. Gambar di bawah ini adalah cuplikan satu dari material untuk sebuah rumput.

Cuplikan gambar material dari salah satu rumput

Untuk itu saya sudah menyediakan material lengkapnya Unduh material disini

Sebenarnya saya menambahkan beberapa variasi tumbuhan lagi selain rumput tersebut. Pertama saya membuat variasi tumbuhan liar dan rumput yang berbunga, karena untuk membuatnya layak sebagai pendamping rumput.


Variasi Tumbuhan Tambahan

Selain ketiga rumput tadi, saya juga menambahkan beberapa variasi tumbuhan sebagai pendamping rumput tersebut. Jika kita tambahkan variasi tambahan akan membuatnya lebih menarik lagi karena rumput cenderung tidak lagi monoton karena tambahan variasi tumbuhan lainnya.

Variasi tumbuhan yang saya tambahkan untuk mendampingi rumput utamanya seperti tumbuhan liar, rumput liar, dan rumput yang memiliki bunga.

Variasi rumput yang saya gunakan pada tutorial ini

Setelah semua itu selesai mungkin Anda harus menyesuaikan pencahayaannya untuk menambah kesan realistis. Pencahayaan seperti kecerahan world yang sesuai, penambahan Sun Lamp.

Saya juga menggunakan teknik HDRI untuk membuat pencahayaannya lebih baik, HDRI ini dipasang pada world. Mungkin kalau tidak menggunakan HDRI pencahayaannya tidak sebaik itu.

Lihat Tutorial membuat HDRI di Blender

Rumput yang sudah dikasih sebuah variasi maka akan tampak seperti gambar di bawah ini. Gambar di bawah ini merupakan rumput yang sudah dikasih variasi.

Cuplikan rumput yang masih mentah di Blender 3D 

Render Karyamu!

Supaya mengetahui hasilnya bagus atau tidak, cobalah memulai render. Jika Anda merasa kurang pas bisa diotak-atik sendiri, jadi kreatif adalah cara yang terbaik untuk mengingat tutorial kali ini. Wassalamu’alaikum wr. wb.

No comments:

Post a Comment

Bottom Ad [Post Page]

| Designed by Colorlib