BlenderTips

Compositing

Post Page Advertisement [Top]

Pak Jokowi sedang berkunjung di Adit Sopo Jarwo

Menurut Anda apa software aplikasi pembuat animasi 3d terbaik untuk windows, mac atau linux bagi pemula? Mungkin jawabannya adalah Blender 3D, yaitu aplikasi 3d terbaik untuk animasi dan membuat karya 3D baik dalam animasi, modelling atau membuat aset game. Selain itu Blender 3D adalah sebuah aplikasi yang berbasis Open-Source dan bisa didapatkan dengan gratis tanpa berbayar sedikitpun.

Dibandingkan dengan aplikasi yang lainnya seperti 3DS Max, Autodesk Maya, Modo, atau Cinema 4D, Blender memiliki banyak keunggulan dibandingkan software tersebut, untuk yang ingin belajar 3D atau tiga dimensi di komputer maka Anda perlu mencoba Blender 3D.

Adit Sopo Jarwo merupakan salah satu animasi yang dibuat dengan Blender 3D


Kenapa memilih Blender 3D?

Saya memiliki sebuah alasan tersendiri mengapa saya menyarankan memakai Blender 3D sebagai aplikasi 3D terbaik. Tentu yang pertama adalah gratis, Blender 3D merupakan aplikasi 3d terbaik dan gratis yang dapat kalian download di situs Blender.org

Langsung saja Blender 3D di situs resminya, ada disini

Selain itu pada awal saya ingin mencoba dunia 3D kakak saya menyarankan untuk memakai Blender 3D. Pada Blender 3D terdapat menu yang praktis dan sederhana dapat disesuaikan dengan selera Anda. Dari awal pertama saya memulai Blender 3D memang masih sederhana, Blender akan mengikuti perkembangan Anda.

Blender yang merupakan software 3d terbaik ini juga sering melakukan update dengan pembaruan-pembaruan yang bisa membuat kita penasaran beda dari yang lain pokoknya. Setiap update Blender juga memperbarui Splash Screen atau gambar penyambutnya.

Splash Screen Blender 3D dipilih dari karya Blender yang paling menakjubkan dari seseorang di Blender Artist sebagai forum Blender Internasional.


Ukuran Software Blender

Blender 3D juga memiliki ukuran aplikasi yang kecil dibandingkan dengan software aplikasi 3d lainnya. Blender memiliki ukuran tidak lebih dari 200 MB, sekitar hanya 150 MB saja, cukup kecil bukan dibandingkan software lain yang dapat mencapai ber-Giga.

Tentu ini sangat bermanfaat bagi Anda yang ingin belajar 3D dengan ukuran tersebut Blender lebih murah, lebih hemat kuota, dan gratis.

Spesifikasi sistem yang diperlukan untuk menjalankan Blender 3D tidak perlu besar-besar.

  • 32-bit dual core 2Ghz  CPU with SSE2 support.
  • 2 GB RAM
  • 24 bits 1280×768 display
  • Mouse or trackpad
  • OpenGL 2.1 compatible graphics with 512 MB RAM


Baca : Spesifikasi untuk menjalankan Blender 3D

Blender 3D juga Banyak Tutorialnya

Blender 3D merupakan aplikasi 3d terbaik karena apa? Karena Blender 3D juga mempunyai banyak tutorial yang tersebar di Internet dan yang baiknya lagi adalah tutorialnya gratis dan mudah untuk dipelajari dan diikuti.

Baca : Tutorial Blender 3D untuk pemula

Tidak perlu khawatir karena kesulitan dalam mempelajari Blender 3D, karena sudah banyak tutorial Blender. Anda tinggal pilih dan cari saja tutorial yang Anda inginkan, kalau tidak ketemu tutorialnya, dapat ditanyakan ke forum-forum blender dari yang ada di Indonesia atau internasional.

Banyak situs-situs di internet yang menyediakan tutorial Blender 3D di Indonesia maupun di dunia. Diantara situs-situs penyedia tutorial Blender 3D di internet banyak juga yang berasal dari Indonesia.

Situs tutorial Blender di Indonesia seperti Blendmuns Indonesia, Dodyanimation, Panduaji.net.

Blender Guru, Blender Nation, Creative Shrimp, DarkScarab, CG Cookie merupakan beberapa situs penyedia tutorial blender berbahasa inggris yang sudah terkenal.

CG Cookie adalah situs penyedia Blender 3D, dengan tampilan yang menarik

Nyaman pokoknya kalau melihat tutorial tentang Blender 3D. Belajar secara perlahan-lahan dapat membuat Anda menjadi mahir di bidang 3D.


Blender 3D itu ramah, mudah dan lengkap

Operasi-operasi di dalam Blender saya rasa sangat mudah, ramah dan sederhana maka dari itu saya menyukai Blender 3D. Sebagai contoh untuk melihat benda, mengubah benda, mengedit benda hanya dengan tombol-tombol keyboard dan mouse saja tanpa menggunakan tombol layar yang membingungkan dan juga banyak.

Memang Blender 3D mempunyai operasi dengan mengutamakan shortcut daripada tombol-tombol di layar. Selain itu tombol-tombol di Blender 3D juga mempunyai tombol yang elegan dan ramah.

Blender menempatkan beberapa operasi yang saling terikat pada satu wilayah saja. Contohnya untuk menambahkan efek seperti angin, api, dan air hanya ada di dalam satu wilayah saja tanpa adanya operasi yang tidak nyambung sama sekali.

Grease Pencil yang merupakan fitur Blender ini berguna untuk membuat sketsa model yang akan kita bentuk. Jadi kita dapat menggambar sketsa di dalamnya yang dapat berdampingan dengan model 3d-nya. Kalian boleh tuh membuat sketsa langsung di dalam 3dnya, tanpa menggunakan gambar atau yang lainnya, karena hal tersebut bertujuan untuk mempermudah pengguna Blender dalam merancang suatu karya tanpa harus ribet membuat sketsa di aplikasi lain.

Blender 3D menurutku adalah software aplikasi 3d terbaik, baik untuk animasi atau yang lainnya, karena di Blender 3D terdapat kelengkapan fitur dan fasilitas yang sangat baik, hal itulah yang membuat Blender 3D salah satu aplikasi 3d terbaik.

Fitur di Blender 3D
Beberapa fitur dan fasilitas dari Blender seperti
  • 3D modelling
  • UV Mapping
  • Animating dan Rigging.
  • Video Editing
  • 3 Render Engine
  • Import Export 3d lengkap
  • Compositing and Node
  • Add-Ons Support
  • HDRI Support
  • FX and Effect Support
  • Physic Force Field
  • dan banyak lagi lah, capek kalau nyebutinnya.

Blender 3D dapat juga membuka file dari aplikasi 3D yang lainnya seperti 3Dsmax, Maya, Modo dan lainnya dengan menggunakan import dan exportnya. Jadi kalian bisa mengedit file tersebut di aplikasi Blender 3D jika aplikasi tersebut berjalan tidak baik dan lambat.

Selain itu Blender 3D juga terdapat Add-On, Add-On yang ada di Blender sangat banyak dan bagus-bagus seperti Add-On untuk membuat batu, tanah, perabotan rumah, pohon, tanaman, dan semak-semak.


Blender mempunyai tampilan menarik

Blender juga mempunyai tampilan yang menarik tidak membuat Anda lelah melihatnya dan tampilannya dapat diubah dan disesuaikan sesuai selera kamu. Anda juga dapat mendownload tema yang ada di internet dan dipasang di Blender 3D Anda.

Beberapa tema di Blender 3D, Elysiun, Flatty Light dan lainnya

Tempat download tema Blender yang paling terkenal adalah Blendswap. Di Blendswap selain untuk tutorial blender, donwload model 3d, juga sebagai tempat download tema untuk Blender.

Jendela-jendela yang ada di Blender dapat disesuaikan dengan mudah tanpa adanya pembatasan dari pabrik, artinya Anda boleh bebas menghias Blender 3D sesuka-sukanya, apakah warnanya menjadi pelangi, pink, putih, hitam, masa depan atau lainnya.

Menggunakan tema buatan Anda sendiri dapat menjadikannya nyaman untuk dioperasikan dan tidak bosan untuk belajar-belajar berbagai tutorial.


Blender dapat menjadi aplikasi lain

Untuk kamu yang sebelumnya sudah mengenal aplikasi lainnya seperti 3Dsmax atau Maya juga dapat melanjutkannya di Blender 3D. Yaitu dengan mengatur pengaturan Blender 3D menjadi pengaturan milik 3Dsmax atau Maya yang dapat berupa operasi-operasinya.

Blender juga dapat menjadi aplikasi atau software pengedit video. Salah satu ini merupakan fitur Blender yang menurut saya sangat berguna. Fitur ini aslinya adalah untuk proses tracking, tetapi kamu juga bisa menggunakan fitur ini untuk sekedar mengedit video jika kamu tidak ada aplikasi pengedit video lainnya.

Video Editor, kalian bisa edit video dengan Blender 3D


Blender memiliki forum yang aktif

Setiap kali belajar tentang suatu hal pasti akan ada masalah yang akan dialami, tentu saja jika kamu belajar 3D pasti akan ada hal yang menjadi masalah. Dari hal tersebut Blender juga mempunyai forum untuk membantu Anda menyelesaikan masalah tersebut, mulai dari forum Indonesia maupun forum Internasional.

Forum Blender di Indonesia

Forum Blender di Indonesia juga ada, nama forum ini adalah Blender Army Indonesia, yang pengurusnya adalah teman saya di Facebook seperti Hiza Ro dan Adhi. Kalian boleh menanyakan suatu hal yang menjadi masalah kalian.

Cuplikan tentang Blender Army Indonesia di Facebook.

Blender Army Indonesia salah satu forum Blender di Indonesia

Bagusnya lagi, di Facebook juga ada lho forum Blender 3D berdasarkan regional-regional di Indonesia, seperti Blender Regional Semarang, Blender Regional Makasar, Bandung dan masih banyak lagi lah.


Forum Blender Internasional

Selain di Indonesia, Blender juga mempunyai forum Internasional. Forum internasional ini tempatnya master-master blender lho. Beberapa forum tersebut ada di situs tersendiri dan juga ada di Facebook. Di situs tersendiri yaitu Blender Artist.

Blender Artist berguna untuk menampung karya-karya dari Blender, di sana kalian boleh memamerkan karya kalian, nanti kalian akan diberikan saran, kritikan oleh member yang ada di sana untuk meningkatkan Skill kamu.

Cuplikan Blender Artists, forum blender internasional

Kamu harus pandai berbahasa inggris untuk bertanya, dan mengajukan pendapat di sana. Karena mereka menggunakan bahasa inggris untuk membahas topik pembicaraannya. Anggotanya berasalh dari penjuru dunia, dari Asia, Australia, Eropa, Amerika, Afrika dan masih banyak lagi.


Kalau di Facebook ada juga forum tentang Blender 3D. Tidak jauh berbeda dengan Blender Artist, di Facebook juga ada forum Blenderartist dan forum Blender. Kedua forum ini menggunakan bahasa inggris untuk membicarakan topiknya.


Karya-karya dari Blender

Apakah kamu kenal dengan serial animasi Adit dan Sopo Jarwo? Serial animasi Adit dan Sopo Jarwo merupakan salah satu animasi yang dibuat dengan aplikasi Blender 3D. Apakah kamu sudah mendengar hal ini atau belum? Serial animasi yang asli dari indonesia ini ternyata dibuat dengan Blender 3D, keren bukan.

Adit Sopo Jarwo serial animasi indonesia yang dbuat dengan Blender 3D

Dengan belajar Blender di Indonesia, kamu akan sangat dekat dengan orang-orang yang tahu tentang Blender 3D. Bayangkan kamu bisa saja saling bertanya-tanya tentang Blender 3D dengan animator serta kru Adit dan Sopo Jarwo.

Jadi jika kamu sudah pro di Blender 3D, kamu dapat melamar di MD Studio pada animasi Adit dan Sopo Jarwo tersebut. Teman saya yang mahir Blender juga pernah bekerja di sana sebagai Lighting Artist-nya. Sudah banyak juga teman-teman saya yang sudah mahir di Blender 3D, jadi mungkin kamu dapat mahir juga di Blender 3D.

Untuk mencari karya-karya dari Blender, kamu dapat mencarinya di Blenderartist. Setiap harinya pasti ada orang yang mengunggah karya mereka dari karya gambar, game, addon, dan film pendek.

Lalu bagaimana saya untuk memamerkan karya kamu supaya dikenal orang? Kamu bisa mengunggahnya disalah satu forum Blender, baik Blender Army Indonesia atau Blenderartists.

Sekalian melihat karya-karya dengan blender kamu juga dapat belajar dari para master di Blender.

Sudah ya, sampai di sini saja info tentang Blender 3D, jika kamu minat coba saja langsung. Wassalamu'alaikum wr. wb.

No comments:

Post a Comment

Bottom Ad [Post Page]

| Designed by Colorlib