BlenderTips

Compositing

Post Page Advertisement [Top]

Berbagi tutorial membuat efek blur di Photoshop. Saya akan memberikan dan membahas Photoshop yaitu membuat efek blur. Efek blur adalah efek yang mengakibatkan gambar akan terlihat kabur dan jika Anda dapat memanfaatkannya akan menjadi sebuah latar belakang yang keren. Kali ini saya akan memberikan sebuah tutorial Photoshop bagi Anda yang sedang membaca tutorial ini. Tutorial kali ini adalah tutorial yang tergolong masih gampang untuk diikuti oleh pemula atau beginner Photoshop.

Header Membuat Efek Blur di Photoshop

Saya menggunakan Adobe Photoshop versi CS5 untuk versi ke atas atau ke bawah masih bisa mengikuti tutorial ini. Baiklah kita langsung saja membahas tutorialnya yaitu membuat efek blur. Ikuti langkah-langkah yang sudah saya singkat supaya mempermudah Anda dalam belajar Photoshop berikut ini.

Buka Adobe Photoshop.

Untuk mengikuti tutorial ini Anda harus terlebih dahulu membuka aplikasi Photoshop versi berapapun itu. Setelah itu cari dan bukalah sebuah gambar terserah Anda untuk diterapkan efek blur, kalau saya menggunakan kartun Spongebob Squarepants, Anda dapat juga mengunduh gambarnya di Internet jika perlu.

Langkah pertama untuk membuat efek Blur di Photoshop

Seperti Anda lihat gambar di atas saya menggunakan Adobe Photoshop CS5 dan saya juga menggunakan sistem operasi OS X Yosemite, yang sistem operasinya Windows juga bisa ikutan tutorial ini.

Menambahkan Efek Blur.

Selanjutnya adalah menambahkan efek blur pada gambar Anda, cara menambahkannya sangat gampang sekali untuk diikuti dan tidak susah. Untuk membuat efek blurnya, pertama klik menu Filter yang ada di Menu Bar kemudian pilihlah Blur setelah itu pilih Gaussian Blur, untuk contoh gambarnya seperti dibawah ini.

Gambar yang telah di blur dengan photoshop

Aturlah Radius dengan memasukan angka atau menggeser tombolnya, setelah itu jika sudah cukup atau menurut Anda sudah bagus dan sempurna tinggal klik saja tombol Ok. Jadilah sudah, gampangkan tutorial ini memanglah sangat gampang untuk pemula yang ingin belajar Photoshop.

Tingkat Lanjut.

Selanjutnya jika Anda menginginkan Spongebob-nya atau objek tertentu tidak kena blur, maka Anda harus terlebih dahulu menyeleksinya dengan menggunakan Polygonal Lasso Tool atau Magic Wand Tool yang berada di panel samping kiri. Seleksi semuanya yang Anda ingin diblur dan jangan seleksi objek yang tidak ingin diblur.

Efek blur juga dapat di seleksi

Jika Anda sudah menyeleksinya lakukanlah tahapan-tahapan seperti tadi, yaitu dengan menggunakan Gaussian Blur dan atur juga radiusnya. Setelah jadi nanti gambar yang tidak terseleksi akan lebih jelas dan merupakan objek fokus utama. Jika sudah simpan hasilnya atau tidak juga tidak masalah. Kini Anda sudah mengetahui tentang membuat efek blur, semoga bermanfaat ya tutorial ini untuk Anda.

Samapai disini saja tutorial dari saya, memang sangat simpel atau sederhana tetapi semoga dapat bermanfaat bagi Anda. Untuk yang belum jelas bisa langsung tanyakan kepada saya dengan memberikan komentar di bawah postingan ini, Wassalamu’alaikum wr. wb.

No comments:

Post a Comment

Bottom Ad [Post Page]

| Designed by Colorlib