BlenderTips

Compositing

Post Page Advertisement [Top]

Salam Jumpa, bertemu lagi dengan saya seorang amatiran Blender 3D yang ingin membagikan sebuah pengetahuan kepada Anda. Walaupun saya masih amatiran tetapi tidak apalah untuk membagikan sebuah tutorial yang mungkin dapat berguna bagi Anda untuk dimanfaatkan sebagai pengetahuan baru atau untuk menambah pengetahuan tentang Blender 3D. 

Saran : Tutorial membuat efek lampu pijar di Blender cycles.


Pada kesempatan ini saya akan memberikan sebuah tutorial yang berhubungan dengan teknik pencahayaan di Blender 3D, yaitu Tutorial membuat Volumetric Lightning di Blender Cycles. Apakah Volumetric Lightning itu?. Volumetric Lightning adalah teknik pencahayan yang membuat efek cahaya terlihat seperti efek cahaya sinar matahari yang menembus awan atau daun dipagi atau sore hari yang cerah. Mungkin Anda masih bingung mengenai penjelasan itu, bukan?. Untuk lebih jelasnya Anda dapat melihat contoh langsung Volumetric Lightning seperti contoh gambar dibawah ini yang telah saya buat, yang pertama adalah versi normal dan dengan efek cahaya Volumetric Lightning.



Kalau Anda sudah mengerti tentang Volumetric lightning langsung saja saya akan bahas bagaimana cara membuat Volumetric Lightning itu. Supaya lebih jelasnya dan lancar mengikuti tutorial ini, saya sarankan langsung membuat dan mempraktekan saja.

Langkah pertama.

Buka Blender 3D, seperti biasanya akan tampak sebuah objek kotak atau kubus. Ganti objek itu dengan objek suzanee atau kepala monyet, Anda dapat memakai objek kotak atau kubus itu dan objek lainnya, hal ini berguna untuk memastikan bahwa Volumetric Lightning itu bekerja dengan baik.

Setelah Anda menetapkan sebuah objek, langkah selanjutnya adalah untuk mengatur skema latar tersebut supaya menjadi lebih baik dan lebih bagus untuk menggunakan teknik Volumetric Lightning itu. Untuk peletakan dan penataannya boleh Anda tirukan seperti gambar dibawah ini.



Saya meletakan dua buah lampu untuk menambah variasi warna dari cahaya tersebut, boleh satu ataupun lebih dari dua untuk membuat tambah realistis lagi. Warna cahaya jika terdapat dua buah lampu harus berbeda dan lebih baik ada yang lebih terang dan ada yang lebih redup atau gelap sedikit. Untuk penyetingan cahaya lampunya Anda boleh meniru seperti pengaturan saya tentang kedua lampu itu pada gambar dibawah ini.



Langkah Kedua.

Setelah penyiapan latar dan cahaya lampunya, sekarang Anda harus memasukan sebuah mesh yang berbentuk kubus sebagai tempat penciptaan efek cahaya Volumetric Lightning itu. Untuk membuatnya siapkan sebuah objek kubus atau boleh objek lainnya, tapi saran saya lebih baik memakai objek kubus ketimbang objek lainnya, karena jangkuan volume kubus lebih besar daripada objek lainnya.

Setelah menyiapkan objek kubus tersebut, sekarang tambahkan materialnya untuk sebagai penciptaan efek cahaya Volumetric Lightning, yaitu dengan cara menghapus nodes material atau Surface atau lainnya dan tambahkan dengan node Volume Scatter, setelah itu atur Density menjadi 0.100 dan Anisotropy menjadi 0.500, boleh Anda mengutak-atiknya, tapi sebagai patokan semakin besar nilai Density maka efek Volumetric Lightningnya maka akan semakin tebal dan sangat jelas, sebaliknya dengan Anisotropy semakin besar maka akan membuat efek Volumetric Lightningnya kurang jelas atau tidak jelas tetapi akan membuat tambah halus lagi efek cahayanya.



Setelah Anda mengatur seperti gambar diatas atau pengaturan Anda sendiri. Selanjutnya adalah pengaturan tentang Light Paths dan penambahan samples lagi serta pengaturan tentang Ray Visibility dan Multiple Importance. Untuk pengaturan Light Paths dapat Anda temukan di tabs Render yang bergambar kamera kecil. Penambahan samples juga dapat membuat efek Volumetric Lightning lebih jelas lagi dan noise-pun akan berkurang, tambah samples sekitar 250 samples atau lebih sekitar diatas 500 samples. Setelah itu pengaturan Ray Visibility dan Multiple Importance ada di tabs world yang bergambar dunia, ketika di tabs world turunlah color menjadi lebih gelap jangan terlalu terang, jika terlalu terang maka efek Volumetric Lightning tidak akan terlihat dengan jelas. Untuk pengaturan lebih jelasnya Anda boleh melihat gambar dibawah ini yang saya sudah siapkan dan sudah diatur.


Langkah Terakhir.

Setelah selesai semua tutorial diatas, Anda dapat mencobanya dengan merender dan lihat hasil akhirnya. Untuk Anda yang mengalami sebuah masalah atau tidak berhasil, maka Anda harus lebih teliti lagi dan perhatikan betul-betul supaya kesalahan bisa teratasi dengan baik.

Terima kasih telah membaca atau sekedar melihat lalu disimpan atau melihat gambar-gambarnya saja. Jika ada yang mau Anda tanyakan, silahkan hubungi saya melalui menu dibawah atau dengan berkomentar supaya dapat saya bantu tentang masalah yang Anda alami dengan tutorial ini. Baiklah itu saja yang saya ingin sampaikan, mohon maaf jika tidak lengkap atau tidak jelas menurut Anda, saya akan sebaik-baiknya memperbaiki segera. Wassalamu’alaikum wr. wb.

No comments:

Post a Comment

Bottom Ad [Post Page]

| Designed by Colorlib