BlenderTips

Compositing

Post Page Advertisement [Top]



Tutorial kali ini saya akan mengajarkan kalian untuk membuat sebuah awan di Blender 3d untuk pemula, Newbie atau Noob yang belum tahu. Seperti anda lihat diatas gambar sebuah awan. Untuk membuat awan anda memerlukan Cloud Generator Add-ons. Addons ini dapat didownload di-Internet tetapi Add-on ini sudah otomatis ada di Blender 3d untuk versi tertentu

Penyiapan Addons

Untuk mengaktifkan addons anda perlu pergi ke Preferences, lalu ke tabs Add-ons cari Cloud setelah ketemu addons-nya maka centang tombol di sebelah orang menari lihat dulu gambar dibawah ini. Kemudian klik tombol Save User Settings terletak dibawah bagian kiri tangan kanan agan lihat gambarnya.



Penyiapan Object Mesh Awan

Langkah selanjutnya pada 3d view hapus object pertama cube atau apa yang menjadi awal dan tambahkan Shift+A kemudian pilih Metaballs pilih Balls. Saat muncul ketik Tab lalu duplicate dengan menekan tombol Shift+D dan atur ukurannya dan letaknya, sebagai contoh gambar dibawah ini.



Atur juga bagian samping-sampingnya dengan cara tersebut untuk menjadikan awan lebih bagus tanpa tampilan yang flat dan untuk menjadikan awan seperti sungguhan.



Selanjutnya pilih seluruh bagian Metaballs tersebut dengan menekan A dan beralih ke Object Mode pada 3d views. Untuk menkonversi Metaballs menjadi Object mesh biasa tekan Alt+C lalu pilih Mesh from Curve/Metaballs dll. Setelah menjadi mesh biasa lalu dibagian kiri 3d views biasanya terdapat bagian yang memiliki beberapa tab pilihan jika tidak tampil maka tekan T dan selanjutnya pada tabs create terdapat Cloud Generator, Pilihlah tipe awanmu dan kamu dapat mencentang smoothing untuk menghaluskan atau menambahkan particlenya lalu tekan Generate Cloud.



Jika kalau kalian sudah di Genereate maka akan tampil seperti gambar dibawah ini yang dikelilingi oleh cube dan dikelilingi oleh berbagai macam particle kecil



Tahap Selanjutnya menambahkan Langit

Jika kalian sudah membuat mesh awan maka harus ada langitnya biar bagus. Langit dapat diperoleh dari Object Lamp yang saya lingkarin dengan garis biru itu. Atur posisi lamp untuk menyesuaikan cahaya untuk awan. Untuk memperoleh seperti langit anda harus mengubah mode lamp itu dari Point menjadi Sun. Seperti gambar dibawah centang terlebih dahulu Sky dan ubahlah menjadi dropdown menjadi Sun & Sky Presets serta Turbidty menjadi 3.94 dan ubah Horizon brightness menjadi 9.200 tentu ini hanyalah sebagai contoh, anda dapat mengutak-atikan sendiri sesuai selera anda.



Terakhir Render hasil tersebut. Sesuiakan posisi kamera atau ukuran kamera dalam merender lihat tutorial. Serta karena ini menggunakan blender internal maka proses render berbeda dengan Blender cycles.

HASILNYA




Itulah sekedar tutorial yang saya begikan kali ini semoga dapat bermanfaat buat anda supaya tambah tahu ilmunya. Baiklah jika ada masalah dalam mengikuti tutorial ini silahkan post-kan dikolom komentar. Wassalamu’alaikum wr. wb.

No comments:

Post a Comment

Bottom Ad [Post Page]

| Designed by Colorlib