BlenderTips

Compositing

Post Page Advertisement [Top]



Halo semuanya yang ingin belajar blender 3d, kali ini kita akan belajar yang berkaitan dengan render merender    yaitu kita akan belajar tentang tutorial atau cara Rendering beserta Wireframe atau garis-garis objek mesh yang tampil dirender, Wireframe adalah bentuk mesh/objek yang menampilkan Vertex, Edges dan Faces seperti pada edit mode diblender 3d, Baiklah langsunglah kita bahas tutorialnya.

Langkah pertama : Mesh Suzanne

Buka aplikasi Blender 3d, Ketika sudah Siap hapus Mesh cube dengan menekan tombol X pada keyboard, dan ganti cube dengan Mesh Suzanne atau Mesh berbentuk monyet karena ditutorial ini kita beljar dengan mesh tersebut tapi agan juga bisa dengan Mesh lainnya.

Langkah kedua : Perhalusan material

Haluskan dengan menekan pilihan Smooth, dan beralih ke area properti pilih tab Modifier dan pilih Subdivision Surface dan ubah view dan render menjadi 1. Jangan tekan Apply dulu, karena tutorial ini menggunakan material dengan subdive yang belum sepenuhnya di terapkan, tetapi anda juga dapat langsung menggunakan atau langsung saja tekan tombol Apply.


Langkah ketiga : Pewarnaan material

Pada area property klik tab Material yang berbentuk seperti bola, Setelah itu klik Use Node. Terapkan Nodes berikut ini, hal yang terpenting adalah pemakaian Nodes Wireframe anda juga bisa tidak usah menggunakan nodes ini, Pada Nodes Diffuse 1(RGB: #C3C3C3), diffuse 2(#CFCFCF) agan juga boleh untuk mengutak-atiknya sendiri.

Nodes untuk mesh suzanne atu monyet
Nodes untuk mesh suzanne atu monyet

Langkah keempat : Penambahan wireframe

Pada langkah tambahkan Wireframe pada tabs Modifier, ubah thickness menjadi 0.0025 dan uncheck Replace original dan ubah Material Offset mejadi 2, Material offset ini berguna untuk memberi warna garis wireframe Material offset dua ini maksudnya warna garis materialnya adalah material yang kedua dari mesh suzanne.

Ingat Peletakan wireframe harus dibawah Subdivission Surface
Ingat Peletakan wireframe harus dibawah
Subdivission Surface


Setelah itu tambahkan material baru dan beri nama “garis” material inilah yang disebut Material offset 2 karena yang ke-1 bernama Material yang berwarna putih. Pada Material bernama “garis” atur RGBnya menjadi #525252. Ini mempunyai arti jika garis wireframenya merupakan material ini, anda boleh mewarnainya dengan warna merah atau lainnya atau warna yang saya sarankan untuk menambah efek realistis. Jika membuat material jangan sampai warnanya hampir sama, karena dapat mengakibatkan wireframe tidak terlihat.

Terakhir : Perenderan

Dibawah ini merupakan hasil render dari tutorial tersebut, penyetingan camera Cara Mengatur Resolusi Camera, dan anda harus tahu teknik pencahayaannya, dan yang ada dibelakang merupakan mesh dengan teknik diatas.

Final render dengan teknik pencahyaan, teknik camera dan phothoshop 
Final render dengan teknik pencahyaan, teknik camera
dan phothoshop


Sekian tutorial, semoga bermanfaat dan aku harap anda senang dan tidak bingung ya, jika ada permasalahan dengan tutorial ini mohon tinggalkan komentar.


No comments:

Post a Comment

Bottom Ad [Post Page]

| Designed by Colorlib